Pura Taman Ayun Mengwi

>> Sunday, May 23, 2010

Tadi pagi aku mencari beberapa pilihan tempat wisata di sekitar Kabupaten Tabanan, dan aku tertarik dengan pura Taman Ayun, yang letaknya di desa Mengwi, kira2 18 km dari Denpasar. Taman Ayun berarti taman yang indah dengan pepohonan yang asri yang dikelilingi kolam ikan seolah diatas danau. Ketika memasuki kompleks, sangat terasa suasana sakral. Pura ini dibangun oleh Raja Mengwi pertama I Gusti Agung Ngurah Made Agung yang bergelar Ida Cokorda Sakti Belambangan pada abad 17 sebagaisebagai pura ibu (paibon) bagi keluarga kerajaan. Dengan arsitektur yang dipengaruhi budaya Cina, kompleks ini dibangun karena pura pura yang lain cukup jauh bagi rakyat Mengwi kala itu. Pura ini pernah hancur pada saat gempa bumi i beberapa taraf renovasi, pura ini menjadi salah satu objek wisata utama di kawasan ini.
Dengan luas sekitar 2.5 hektare, pengunjung dapat menikmati keindahan taman dengan pohon pohon rindang dan mengagumi keagungan bangunan pura.
Tadi pagi udara memang panas tapi tidak menyurutkan minat orang yang memang datang untuk melihat objek wisata yang bisa membawa kita ke alam masa silam ini.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP