Taman Ujung Soekadasa, Karang Asem

>> Thursday, May 20, 2010











Dramatis dan sangat fotogenik, bagus untuk pemotretan prawedding. Pesona tempat ini langsung terasa begitu aku memasuki kompleks taman air yang dibangun tahun 1911 sebagai tempat peristirahatan keluarga dan tempat menyambut tamu penting oleh Raja Karangasem terakhir I Gusti Bagus Jelantik dan keluarganya.

Dengan Gunung Agung sebagai latar belakang, istana air ini terlihat agung terhampar, dan mungkin tempat ini dijadikan sebagai inspirasi "infinity pool" dimana air kolam menyatu dengan hamparan samudra lepas. Indah sekali. Letaknya sekitar 5 km dari Amlapura, ibukota kabupaten Karangasem, atau sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar melewati pantai Candidasa.Pernah hancur akibat letusan gunung Agung tahun 1963 dan diperparah oleh gempa bumi tahun 1979.

Dengan sentuhan gaya Eropa dan Bali, sebuah gedung yang disebut Bale Gili berdiri di atas kolam air dan didalam beberapa ruangan di dalamnya, beberapa foto keluarga raja tergantung mencoba bercerita tentang kejayaan di masa itu. Ada 3 kolam air dan antara bangunan dihubungkan oleh jembatan-jembatan dengan arsitektur yang unik.  Ada satu bangunan di tempat tertinggi, yang dari sini terlihat pemandangan dramatis seluruh kompleks istana air, menyatu dengan kaki gunung Agung dan laut lepas.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP