Scuba Diving di Amed

>> Sunday, June 20, 2010


National Geographic jadi nyata. Itulah perasaanku ketika melayang diatas karang laut di kawasan Pantai Amed. Keinginan untuk melakukan selam scuba sudah lama muncul dan baru terlaksana pada akhir minggu lalu. Ini adalah selam yang pertama bagiku.
Aku dengan beberapa teman memilih Atlantis Internasional yang masuk PADI 5star. Karena tidak memiliki sertifikat penyelam, aku mengambil Introduction Dive course, yang lamanya 1 hari, dengan biaya USD 120, termasuk transportasi ke pantai Amed, makan siang, kursus singkat dan 2 kali sesi selam.
Pantai Amed menjadi nirwana bagi penyuka selam. Karang2 dan flora dan fauna berwarna warni dan karena kedalaman dan ketenangan airnya, sangat ideal bagi pemula. Pantai Amed berada di sisi Timur Laut Bali, di Kabupaten Karangasem. Rombongan berangkat dari Sanur (Kantor Atlantis) jam 7.30 pagi, dan tiba di Amed Jam 10.30.
Setelah istirahat setengah jam, aku mengikuti latihan menggunakan scuba di kolam renang selama setengah jam. Pada dasarnya harus tetap tenang dan jangan panik bila tidak balance.
Selanjutnya kita langsung ke pantai dan memulai selam. Di dalam laut, aku menikmati keindahan karang dan ikan yang menurutku lebih indah bila dibandingkan dengan snorkling. Pada selam sesi pertama, ada perasaan tegang sehingga perhatian terhadap pemandangan agak kurang. Aku lebih berpusat bagaimana mengurangi rasa ketegangan dan masih terasa was-was.
Dalam sesi kedua setelah makan siang, kami menyelam dikawasan piramid, dan aku lebih bisa mengontrol diri dan menikmati keindahan alam. Detail-detail karang yang bergerak gerak seolah bernafas dan ikan ikan yang seolah menari nari di
depanku. Kita melihat penyu yang berenang, ikan trompet, ikan badut, udang dan lobster. Ada beberapa ikan dengan bentuk dan warna yang cerah dan memancarkan cahaya. Spektakuler, seperti menonton tarian massal dengan latar belakang karang dan gelembung udara. Sangat mencerahkan hati dan jiwa, dan susah mengungkapkan kata.


Sesi kedua berakhir ketika tekanan udara tinggal 50 bar yang menunjukkan tingkat waspada.
Kini menyelam menjadi salah satu hal yang mungkin akan aku lakukan secara berkala.
Indonesia adalah negeri dengan kekayaan dan keindahan laut terkaya di dunia. Orang asing berbondong2 datang untuk menikmatinya dan alangkah sayangnya kalau kita menyianyiakan kesempatan yang ada.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP