Kertagosa Balai Peradilan Kuno, di Semarapura, Klungkung

>> Tuesday, June 29, 2010

Ketika memasuki kompleks Kertagosa, saya terpukau melihat tempat peninggalan masa lalu ini. Dibangun pada tahun 1710 ketika I Dewa Agung Jambe memerintah kerajaan Klungkung., merupakan kompleks pengadilan dari kerajaan terhadap pelaku kejahatan di dalam masyarakat setempat.
Letaknya persis di tengah kota Semarapura, ibukota Kabupaten Klungkung yang jaraknya sekitar 45 km dari Denpasar. . Lokasinya berhadap hadapan dengan pasar Klungkung dan berada di jalan utama kota.

Ada 2 bangunan yang menarik perhatianku yaitu Bale Kambang yang terletak di kolam air (Taman Gili) dan Balai Kertagosa. Keduanya memiliki langit-langit yang unik dan dihiasi oleh lukisan wayang Kamasan. menceritakan kharma pala yang berhubungan dengan hukuman akan kejahatan-kejahatan.
Balai Kambang dikelilingi oleh taman air yang seolah mengambang di atas kolam yang asri. Sangat anggun.

Saya sangat mengagumi lukisan dan arsitek bangunan yang menyatu dengan alam. Ini adalah sebuah karya nenek moyang yang menjadi bukti kejayaan budaya masa silam.

Di kompleks Kertagosa juga terdapat sebuah museum yang menyajikan benda-benda bersejarah tentang kerajaan Klungkung dari masa lalu hinggu Kabupaten Klungkung memasuki masa modern.

Ketika memasuki kompleks pengunjung harus memakai sarung. Tidak heran kalau Kertagosa adalah salah satu ikon wisata Bali.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP